Bersinergi dalam Pengawasan Pajak Daerah, BPKAD Adakan Sosialisasi WASPADA untuk Seluruh Bendahara OPD se-Pemkot Jogja

Pemerintah Kota Yogyakarta melalui (BPKAD) terus berinovasi untuk meningkatkan pengawasan dan mengoptimalkan penerimaan pajak daerah. Salah satu terobosan yang dimiliki adalah layanan WASPADA (Pengawasan Pajak Daerah), yang merupakan bagian dari aplikasi Jogja Smart Service. Aplikasi ini memudahkan masyarakat dalam melaporkan pembayaran pajak dari beberapa sektor, seperti restoran, hotel, tempat parkir, dan tempat hiburan.

Sebagai upaya penyebarluasan informasi terkait WASPADA, pada Senin (30/9), BPKAD mengundang seluruh bendahara dari tiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk hadir dalam sosialisasi di Artotel Suites Bianti Hotel, Yogyakarta.  Diberikan pemaparan materi terkait gambaran umum pajak daerah yang dikelola oleh Pemerintah Kota Yogyakarta, dilanjutkan dengan profil WASPADA, serta tata cara penggunaannya. Kota Yogyakarta mengelola sebelas jenis pajak daerah dan empat diantaranya dapat diawasi dengan adanya inovasi WASPADA. Keempat jenis tersebut adalah pajak atas barang dan jasa tertentu (PBJT) atas jasa perhotelan, makanan dan/atau minuman, jasa parkir, dan jasa kesenian dan hiburan.

Dengan adanya sosialisasi ini, para peserta diharapkan dapat lebih mengenal dan memahami WASPADA, serta dapat berpartisipasi aktif dengan mengunggah bukti pembayaran yang didapatkan dari hotel, restoran, tempat hiburan, atau tempat parkir di wilayah Kota Yogyakarta. Contoh bukti transaksi yang dimaksud seperti nota pembelian untuk jamuan makan/minum rapat (selain yang berasal dari program Gandeng Gendong), invoice dari hotel tempat penyelenggaraan rapat atau seminar, dan seterusnya yang berkaitan dengan empat jenis PBJT. 

  • Fungsi dan Cara Kerja Layanan WASPADA

Layanan WASPADA dirancang sebagai sarana partisipasi aktif masyarakat dalam pengawasan pajak daerah. Masyarakat hanya perlu mengunggah foto bukti pembayaran (nota, karcis, atau bill) dari transaksi di tempat usaha yang berlokasi di Kota Yogyakarta melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) menggunakan smartphone. Bukti pembayaran yang dapat dilaporkan meliputi transaksi di hotel, restoran, tempat parkir, dan tempat hiburan. Setiap laporan yang diunggah akan diverifikasi dan diberi poin berdasarkan nominal transaksi.

  • Jenis Pajak yang Bisa Dilaporkan

Beberapa jenis pajak yang bisa dilaporkan melalui aplikasi WASPADA adalah sebagai berikut:

  1. PBJT atas jasa perhotelan
  2. PBJT atas makanan dan/atau minuman
  3. PBJT atas jasa parkir
  4. PBJT atas jasa kesenian dan hiburan

Saat ini WASPADA telah memasuki periode keempat. Masyarakat dapat melaporkan bukti transaksi yang dimiliki hingga 31 Oktober 2024. Serta pastikan bukti transaksi yang diunggah adalah bukti dengan tanggal transaksi  antara 1 Mei hingga 31 Oktober 2024.

  • Mekanisme Lomba Berhadiah

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, Pemerintah Kota Yogyakarta menyediakan hadiah total sebesar Rp 10.000.000 bagi sepuluh orang pemenang. Lima pemenang dengan poin terbanyak berhak mendapat hadiah masing-masing sebesar:

  • Rp2.500.000 untuk Juara 1
  • Rp2.000.000 untuk Juara 2
  • Rp1.500.000 untuk Juara 3
  • Rp1.000.000 untuk Juara Harapan 1
  • Rp500.000,- untuk Juara Harapan 2

Poin diperoleh dari laporan yang telah terverifikasi. Setiap jenis transaksi yang dilaporkan memiliki sistem perhitungan poin yang berbeda. Transaksi di restoran dan tempat hiburan akan mendapatkan 1 poin untuk setiap kelipatan Rp 30.000, transaksi di hotel diberikan 1 poin untuk setiap kelipatan Rp 100.000, dan transaksi dari tempat parkir bernilai 1 poin untuk tiap satu bukti yang diunggah.

Selain itu, terdapat juga lima pemenang beruntung yang berhak mendapat uang tunai melalui undian dengan hadiah sebesar Rp 500.000.

Aplikasi WASPADA merupakan bukti komitmen Pemerintah Kota Yogyakarta dalam memaksimalkan penerimaan pajak daerah melalui partisipasi masyarakat. Dengan adanya program ini, diharapkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pajak semakin meningkat, sehingga pembangunan di Kota Yogyakarta dapat berjalan lebih optimal. Bagi Anda yang ingin berpartisipasi, segera unduh aplikasi Jogja Smart Service, dan unggah bukti transaksi Anda melalui WASPADA untuk berkesempatan memenangkan hadiah menarik!